ANALISIS KARAKTERISTIK DAN AKTIVITAS BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNARUNGU) DI SEKOLAH SLB- B YPAC BANDA ACEH

Main Article Content

Arnida
Hijriati
Cut Puja Maulina
Anna Fitria
Nadia Fadila

Abstract

Anak tunarungu menunjukan kesulitan mendengar dari katagori ringan sampai berat, di golongkan ke dalam kurang dengar dan tuli. Tunarungu memerlukan media pembelajaran dengan menunjukan foto-foto dan video untuk memperkaya kosa kata bahasa isyarat dalam aktivitas pembelajaran. Karakteristik anak tunarungu dari segi fisik tidak memiliki karakteristik yang khas, karena secara fisik anak tunarungu tidak mengalami gangguan yang terlihat. aktivitas belajar anak tunarungu dapat sangat bervariasi tergantung pada tingkat pendengarannya dan kemampuan belajar anak, serta lingkungan mereka.  Karakteristik pada anak berkebutuhan khusus seperti tunarungu ialah memiliki kesulitan dalam komunikasi tetapi seringkali memiliki kemampuan komunikasi visual yang kuat, seperti bahasa isyarat, dalam pembelajaran mereka juga memerlukan bantuan dalam belajar. Penelitian ini telah dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif  yang menggunakan metode observasi dan wawancara yang dilakukan di sekolah, penulis mengambil populasi 9 orang anak dan sampel 5 yang bersekolah di salah satu SLB yang ada di Banda Aceh yang mengidap tunarugu. Subjek yang di amati ada 5 orang anak yang mengalami kelaianan tunarungu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana karakteristik anak tunarungu dalam proses pembelajaran di sekolah SLB-B YPAC Banda Aceh.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Arnida, Hijriati, Maulina, C. P., Fitria, A., & Fadila, N. (2024). ANALISIS KARAKTERISTIK DAN AKTIVITAS BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNARUNGU) DI SEKOLAH SLB- B YPAC BANDA ACEH. Jurnal Warna, 8(1), 1-10. https://doi.org/10.52802/warna.v8i1.1047
Section
Articles

References

Aprianti Lidya Dwi, Fatma Sari Diyah,dkk. 2023. Multi Media Interaktif Kesehatan Gigi Anak Tunarungu Dengan Bahasa Isyarat Berbasis Android. NEM.
Khairun Nisa. 2018. Karakteristik dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas, Vol 2 No 1, https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1632
Nafisah Durrotun Aisyah, dkk. 2022. Inklusi Dalam PAUD; Teori dan Praktik. Cipta Media Nusantara (CMN); Surabaya.
Purwowibowo, Hendrijanto Kris, dkk. 2019. Mengenal Pembelajaran Komunikasi Total Bagi Anak Tunarungu. Pandifa Buku; Yogyakarta.
Restian Arina. 2017. Pembelajaran Seni Tari di Indonesia. Universitas Muhammadiyah Malang; Malang.
Sabrina Azzahra, Dea Mustika, 2023, Proses Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus TunaRunu di SD IPYLPI Pekan Baru, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 03. 2.
Suparno, 2007, Intervensi pedagogis Kelainan Berbahasa Pada Anak TunaRungu, Jurnal Pendidikan Khusus, 01.3.
Susetyo Budi, Homdijah Oom Siti, dkk. 2023. Standarisasi Instrumen Tes Hasil Belajar IPA Untuk mengukur kognitif siswa tunarungu. Uwais Ispirasi Indonesia; Jawa Timur.
Tating Nuraeni, dkk, 2020, Bagaimanakah Proses Belajar Anak Tunarungu dan Anak Autisme Studi Kasus di Salah Satu SLB di Indramayu
Umam, N., & Retnaningrum, W. (2023). ????? ????? ????? ??????? ???????? ?? ??????? ???? ??????? ?????????? ?? ?????????????. FONDATIA, 7(4), 877-890. https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i4.4121
Vivi Noviaturrahmah, 2018, Problematika Anak Tunarungu dan Cara Mengatasinya, 01.6
Wasliyah Nurul. 2019. Peningkatan Keterampilan Vokasional Melalui Pembelajaran Budi Daya Tanaman Sayuaran Menggunakan Teknik Hidroponik Dengan Botol Bekas Bagi Tunarungu Kelas xii SMALB di SLB N 2 Bantul. Omera Pustaka; Jawa Tengah.