ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TUNA RUNGU
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan di TK Siwi Peni Cilacap kelompok B. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis penggunaan media flash card terhadap kemampuan membaca anak tuna rungu. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Tahapan dalam melaksanakan penelitian antara lain persiapan, pelaksanaan dan pengolahan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan bahwa anak tuna rungu mampu membaca dengan menggunakan media flash card terlihat dari kegiatan (1) media flash card penting digunakan agar anak tuna rungu mampu membaca, (2) anak usia dini berada di usia emas yang harus distimulasi agar anak tuna rungu mampu membaca, maka proses pembelajaran dengan menggunakan media flash card sangat penting dan efektif diterapkan, (3) Melalui metode bermain, observasi, pemberian tugas, memberikan pertanyaan kepada anak saat melakukan kegiatan, anak tuna rungu mampu membaca menggunakan media flash card.
Downloads
Article Details
References
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Asep, S., Siti, N. P., Rahmitha, P. S., Mareta, W., Dona, P., Candi, R., & Shoba, D. C. (2018). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Inklusi. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Psikosain.
Destiani, P. U., Dwi, M., Fermim, N. M., Fitriana, M., & Asep, H. (2021). Iklim Organisasi Kelurahan Dalam Perspektif Ekologi. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2735-2742.
Desy, A., & Rahma, W. (2024). Media Pembelajaran Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Kelas 1 SD Negeri 19 Desa Sukarami. Communnity Development Journal, 5(1), 547-551.
Dita, N. R., Elan, & Taopik, R. (2023). Media Flash Card Untuk Menstimulasi Perkembangan Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 7(2), 168-175.
Kasari, O. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Anak Tuna Rungu. Jurnal Tumbuhkembang: Kajian Teori dan Pelajaran PAUD, 7(2), 97-105. doi:10.36706/jtk. v7i1.11598
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Bogor: PT> Ghalia Indonesia.
Ni, L. S., Nyoman, D., & I, M. C. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Flash Card Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VI SDLB B Negeri Tabanan. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(1), 1-10.
Nurindah. (2023, Juni). Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Flash Card. Jurnal Pendidikan Edukasi Anak, 2(1), 144-155.
Retnaningrum, W. (2016, November). Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Bermain Memancing. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 1-12.
Silvia, F., & Yulsyofriend. (2020). Penggunaan Media Flash Card Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1026-1036.
Siswanto, Zaelansyah, Eli, S., & Jeni, F. (2019). Metode Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Generasi Unggul Dan Sukses. Jurnal Paramurobi, 2(2), 31-40.
Sugiarti, S. (2015). Upaya Meningkatkan Kosa Kata Anak Tuna Rungu Melalui Media Variasi Gambar Pada Siswa Kelas V/B Di SLB Negeri Surakarta. Prosiding Seminar Nasional UNS & ISPI, 254-260.
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyanti, Saifullah, Salis, M., Indah, F. Z., & Diana, V. F. (2021). Menyingkap Mutiara Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus. Makasar: Yayasan Barcode.
Umam, Nasrul. (2021). Kajian Hadits tentang Mendidik Anak Usia Dini dengan Menunjukkan Kasih Sayang. Jurnal Warna, 5(1), 49-58. https://doi.org/10.52802/warna.v5i1.285
Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema "Kegiatanku". Junal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9-16.
Yunus, M. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Orbit Publishing.