EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENURUNKAN PERILAKU MEROKOK PADA SISWA
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi adanya fenomena siswa SMP Negeri 3 Pangandaran yang memiliki perilaku merokok tingkat sedang, yang jika terus dibiarkan akan beranjak kepada perilaku merokok tingkat berat (Adiksi) menjadikan mereka sering keluar kelas bersamaan dengan waktu jam pelajaran, sering tidak memperdulikan pelajaran, dan boros dengan uang. Pentingnya siswa untuk menurunkan perilaku merokok, dan konseling kelompok dengan Teknik Rasional Emotif Behavior Terapi merupakan langkah responsif untuk membantu siswa dalam menurunkan perilaku merokok siswa. penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perilaku merokok siswa SMP sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik rasional emotif behavior terapi, (2) mengetahui efektivitas konseling kelompok untuk menurunkan perilaku merokok siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control grop desaign. Hasil menunjukan teknik rasional emotif terapi efektif untuk menurunkan perilaku merokok siswa. Hal ini berdasarkan uji hipotesis pada output Tabel SPSS, dimana nilai t hitung > t tabel atau –t hitung<-t tabel (tabel (-8.316 < -2.145 atau 8.316 > 2.145), artinya bahwa Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan penurunan perilaku merokok siswa melalui konseling kelompok dengan teknik rasional emotif behvior terapi pada kelompok eksperimen dan kontrol.
Downloads
References
Andriyani, R. 2011. Bahaya Merokok. Jakarta Timur: Sarana Bangun Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian, Jakarta: Bineka Cipta.
Corey, Gerald. 2013. Teori Dan Praktek Konseling Dan Psikoterapi. Bandung: PT Eresco.
Erford, B. 2017. 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fajar, Rahmat. 2011. Bahaya Merokok. Jakarta Timur: PT Sarana Bangun Pustaka.
Febriyantoro, 2016. Universitas Universal, Batam, Indonesia. Pemikiran Irasional Para Perokok.
Ismail, F. 2018 Statistika Untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Predadamedia Group.
Khotijah, A. 2015. Hubungan Antara Konforitas Teman Sebaya dan Pengetahuan
Komalasari G. 2016. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta Barat: PT Indeks.
Supranto. 2009. Statistik Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga Suryani. 2016. Metode Riset Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia Group.
Susanto A. 2018. Bimbingan dan Konseling Di Sekolah: Jakarta. Prenadamedia Group.
Unaradjan D.D. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta. Universitas Katolik Indoinesia Atmaja Jaya.
Willis, S. 2011. Konseling Individual Teori Dan Praktik. Bandung: Alfabeta.