PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (BK) DI MASA PANDEMI COVID 19 DI SMP PURNAMA KESUGIHAN

  • Idwamul Ngula Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Yusuf Hasan Baharudin Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Linda Dwi Solikhah Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
Keywords: Guru Bimbingan Konseling, Pandemi Covid-19

Abstract

Bimbingan dan Konseling di Sekolah merupakan kebutuhan siswa dalam menangani kegelisihana mereka. Baik masalah internal di dalam keluarga maupun masalah mental mereka. Bimbingan dan Konseling bermanfaat untuk mengarahkan siswa agar tidak melakukan hal-hal negative dalam hidupnya. Bimbingan dan konseling juga bisa mengarahkan masa depan anak terhadap pilihan-pilihan hidupnya. Konseling (counseling) merupakan bagian integral dari bimbingan. Konseling merupakan salah satu teknik dalam bimbingan. Konseling merupakan inti dalam bimbingan. Ada yang menyatakan bahwa konseling merupakan ‘jantung’ bimbingan. Sebagai kegiatan inti atau jantungnya bimbingan, praktik bimbingan bisa dianggap belum ada apabila tidak dilakukan konseling.

Rumusan masalah ini berbunyi “Bagaimana Peran Guru BK di Masa Pandemi Covid-19 di SMP Purnama Kesugihan?” . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja peran guru BK dalam menangani dampak psikologis siswa karena adanya pandemiCovid-19 ini. Serta bagaimana peran Guru BK dalam memberikan konseling kepada siswa agar tetap menjalani aktivitas belajar tanpa rasa kawatir yang mengakibatkan dampak buruk. Peranan guru BK yang sangat penting bagi mental siswa, perlu ditekankan dan kenalkan kepada semua siswa bahwa mereka juga bisa melakukan bimbingan konseling kepada guru BK mengenai apa yang mereka rasakan selama menjalani pembelarajan secara daring. Penelitian yang dilakukan ini adalah jenis penelitian lapangan (Field Research), yang bersifat deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang digunakan untuk menggambarkan, menjelaskan secara rinci dan menjawab persoalan- persoalan suatu fenomena atau peristiwa yang terjadi pada saat ini, baik tentang fenomena dalam variabel tunggal maupun korelasi dan perbandingan berbagai variabel. Penelitian ini dilakukan untuk  menggali informasi tentang peran guru BK di masa pandemi Covid-19 di Sekolah Menangah Pertama (SMP).

Author Biographies

Idwamul Ngula, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

Mahasiswa

Yusuf Hasan Baharudin, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

Dosen

Linda Dwi Solikhah, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

Dosen

References

Abdul, 2006, Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Autisti, Bandung: Alfabeta.

Agoes Dariyo, 2004, Psikologi Perkembangan Remaja, Jakarta: Ghalia Inndonesia.

Agus Sunarya, 2004, Terapi Autisme, Anak Berbakat, dan Anak Hiperaktif, Jakarta:Progres.

Asti Muchlisisn Badiatul, 2010, Fiqh Parenting, Yogyakarta: Divapress.

Aziz safrudin, 2015. Pendidikan Keluarga Konsep Dan Strategi, Yogyakarta: Gava Media

Casmini, 2007, Emotologi Parenting Dasar-Dasar Pengasuhan Kecerdasan Emsi Anak, Yogyakarta: P Idea (Kelompok Pilar Media).

Corey Geraldi, 2013, Teori dan Praktik Konseling dan Psikoerapi, Bandung: Refika Aditama.

Destiningrum Ratri Dinie, 2016, Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus, Yogyakarta: Psikosain

Dodo Sudrajat & Lilis Rosida, 2003, Pendidikan Bina Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus, Jakarta: Luxima.

Dwi siswoyo, dkk, 2007, Ilmu Pendidikan,Yogyarakta: UNY Press.

Ginanjar Ary Agusty, 2001, Emotional Quotien, Jakarta: Penerbit Arga.

Gunarsa D Singgih, 2017, Konseling dan Psikoterapi, Jakarta: Libri

Joko Yuwono,2009, Memahami Anak Autis Berkebutuhan Khusus (ABK), Jakarta: Alfabeta.

Jones Nelson Richard, 2011, Teori dan Praktik Konseling dan Terapi, Yogyarakta: Penerbit Pustaka Belajar.

Kauffman, J. M, 2005, Special Education, what it is and why we need it, Boston.

Marzuki Choiron A, 2004, Pelaminan Suci, Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Moleong, Lexy J, 2007, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhammad K. A. Jamika, 2008, Special For Special Children, Jakarta: Hikmah.

Mumpuniarti, 2003, Orthodiktik Tunagrahita, Yogyakarta: FIP UNY.

Mussen,P. H,conger, J.J., Kagan, J. & Huston,C. A, 1994, Perkembangan dan Kepribadian Anak, Jakarta: Penerbit Arcan.

Nasution, 2003, Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung: Tarsito.

Noor Rohinah, 2012, Mengembangkan Karakter Anak Secara Efektif di Sekolah dan di Rumah, Yogyakarta: Pedagogia.

Notosoedirjo, Moeljono & Latipun, 2007, Kesehatan Mental Konsep dan Penerapan, Malang: UMM Press.

Pamuji, 2007, Model Terapi Terpadu Bagi Anak Autis, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Partanto A Pius, 1994, Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: Arkola.

Piaget Jean dan Barbel Inhelder, 2018 .Psikologi Anak, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwaningsih Heni, 2020, Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Melayani Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19, vol.1 No 1, Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia Lingkungan Handayani, https;//jurnalp41.com, diakses pada 17.09.

Ralang Hartati Syafrida, (2020), Bersama Melawan Virus Covid 19 di Indonesia,

Ratna Lilis, 2013, Teknik-Teknik Konseling, Yogyarakta: Deepubisher.

Ridla Jawwad Muhammad, 2002, Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam, Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Setiadi Gatut, Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mmemotivasi Peserta Didik Selama Masa Pandemi Cvid-19 di SMA Garut Taqwa Pasuruan, Vo. 2 No 2. Al-Isrof Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id, akses pada 17.14.

Singgih Yulia dan D. Singgih, 2012, Psikologi Untuk Keluarga, Jakarta: BPK Gunung Mulia

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung:Alfabeta.

Sukarsono Djatmiko Eko, 2001, Assesmen Anak Berkebutuhan Khusus, Jakarta: Dirjen PSLB.

Suryabrata Sumardi, 1987, Metode Penelitian, Jakarta: Rajawali.

Tohirin, 2009, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Zulfa Umi, 2010. Metodologi Penelitian Sosial, Yogyakarta:Cahaya Ilmu.

Zulkifli, 2012.Psikologi Perkembangan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published
2021-12-24
Section
Articles