PENGEMBANGAN EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN DIRI DALAM BERSOSIAL MEDIA SISWA SMA YA BAKII KESUGIHAN

  • Shihatus Sirri Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap
  • Khulaimata Zalfa Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap
  • Yusuf Hasan Baharudin Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap
Keywords: Teknik cognitive behavior therapy (CBT), Kesadaran diri (Self Awareness)

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) untuk mendapatkan gambaran kesadaran diri dalam bersosial media siswa sebelum kesadaran diri dalam bersosial media siswa diberikan layanan teknik cognitive behavior therapy (CBT), (2) untuk mengetahui bagaimana kesadaran diri dalam bersosial media siswa setelah diberikan layanan teknik cognitive behavior therapy (CBT) dan (3) untuk mengetahui bagaimana efektivitas teknik cognitive behavior therapy (CBT) untuk meningkatkan kesadaran diri dalam bersosial media siswa.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kesadaran diri Siswa dalam bersosial media sebelum diberi layanan teknik cognitive behavior therapy (CBT) adalah rendah. Hal ini dibuktikan dengan skor angket yang diperoleh oleh siswa sebelum diberikan layanan teknik cognitive behavior therapy (CBT) adalah antara 55-72, sedangkan mean pre test pada Paired Samples Statistics adalah 58,00. Ini berarti bahwa kesadaran diri siswa dalam bersosial media adalah rendah. (2)Kesadaran diri Siswa dalam bersosial media setelah diberikan layanan teknik cognitive behavior therapy adalah naik menjadi sedang dan ada yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan skor angket yang diperoleh siswa adalah antara 72-95. Sedangkan mean post test pada Paired Samples Statistics 83,12. Ini berarti bahwa Kesadaran diri Siswa dalam bersosial media setelah diberikan layanan teknik cognitive behavior therapy (CBT) meningkat. (3) Ada peningkatan yang signifikan kesadaran diri dalam bersosial media siswa antara sebelum dan sesudah penerapan bimbingan kelompok dengan teknik cognitive behavior therapy (CBT). Hal ini terbukti dari uji hipotesis berdasarkan hasil output tabel SPSS, di mana tingkat signifikansi < 0,005 (0,00 < 0,05), berarti Ho ditolak, maka Ha diterima artinya bahwa Ada peningkatan yang signifikan kesadaran diri dalam bersosial media siswa antara sebelum dan sesudah penerapan bimbingan kelompok dengan teknik cognitive behavior therapy (CBT).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Shihatus Sirri, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap

Mahasiswa

Khulaimata Zalfa, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap

Dosen

Yusuf Hasan Baharudin, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap

Dosen

References

Azwar, Saifuddin. (2007). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar : Yogyakarta.
KOMINFO. (2018, 19 Februari). Jumlah Pengguna Internet 2017 Meningkat, Kominfo Terus Lakukan Percepatan Pembangunan Broadband. Diperoleh 26 Oktober 2018, dari https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/12640/siaran-pers-no-53hmkominfo022018-tentang-jumlah-pengguna-internet-2017-meningkat-kominfo-terus-lakukan-percepatan-pembangunan-broadband/0/siaran_pers
Maharani, Laila, Meri Mustika. 2016. Hubungan Self Awareness dengan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Wiyatama Bandar Lampung (Penelitian Korelasi Bidang BK Pribadi). Jurnal Bimbingan dan KOnseling 03 (1) 2016.
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Suhron, Muhammad. (2017), Asuhan Keperawatan Jiwa Konsep Self Esteem, Jakarta: Mitra Wacana Media
Tri Astuti, Retna. Dkk. (2018), Manajemen Penanganan Post Traumatic Stress Dissorder (PTSD), berdasarkan penelitian terkini, Magelang: Unimma Press
Zulfa, Umi. (2011). Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta : Cahaya Ilmu
Published
2021-07-13
Section
Articles